Gambaran Umum

Ekonomi syariah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, baik secara global maupun nasional. Sebagai bagian dari sistem perekonomian negara, ekonomi syariah berperan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk mewujudkan ekonomi yang merata dan memperkuat ketahanan ekonomi nasional. Selain itu Indonesia memiliki cita-cita besar dalam mempertegas perannya sebagai global-hub ekonomi dan keuangan syariah di dunia, yaitu mewujudkan “Indonesia yang mandiri, makmur dan madani dengan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka dunia”.

Pada tanggal 25 Januari 2021 Presiden Republik Indonesia meluncurkan Brand Ekonomi Syariah yang merupakan satu logo atau simbol milik negara yang dapat digunakan untuk menyatukan kebersamaan dalam seluruh kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Secara khusus identitas visual Ekonomi Syariah memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan-pesan komunikasi publik mengenai pentingnya nilai-nilai yang menjadi dasar dari Ekonomi Syariah, membentuk pola persepsi masyarakat, meningkatkan rasa percaya dan cinta masyarakat kepada Ekonomi Syariah.

 

Logo Brand Eksyar

Logogram terinspirasi dari pola geometri Islam berbentuk bujur sangkar dan belah ketupat berjumlah 8, yang menggambarkan 8K – Kesejahteraan, Kesetaraan, Kepedulian, Keberpihakan, Kenyamanan, Kebanggaan, Karakter, dan Kolaborasi.

Sisi bujur sangkar dan belah ketupat berjumlah 4, melambangkan nilai-nilai ekonomi syariah: kepemilikan; berusaha dengan berkeadilan; kerjasama dalam kebaikan; dan pertumbuhan yang seimbang.  Garis lengkung yang memotong pola geometri secara diagonal menjadi dua bagian melambangkan ekonomi dan keuangan syariah, serta memaknai sikap memberi dan menerima, perwujudan budaya gotong royong, saling membantu dan toleransi.

Di tengah, terdapat segi 6 (hexagon), melambangkan 6 prinsip dasar ekonomi syariah: pengendalian harta secara produktif; distribusi pendapatan bagi seluruh masyarakat; optimalisasi bisnis dan berbagi risiko; transaksi keuangan yang melarang spekulasi tidak produktif; partisipasi sosial; dan transaksi  muamalat berdasarkan kerjasama berkeadilan.

Posisi hexagon di tengah logogram melambangkan Indonesia yang mandiri, makmur dan madani, sebagai pusat ekonomi syariah dunia. Selain itu, hexagon juga mengintrepretasikan inovasi dan kemajuan  teknologi sebagai visi ekonomi syariah Indonesia yang  memiliki sumber daya manusia yang unggul dan  kompetitif di pasar dunia.

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini adalah terselenggaranya Lomba Video Brand Ekonomi Syariah yang menggambarkan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Brand Ekonomi Syariah sebagai upaya dalam peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Sasaran

Sasaran kegiatan ini adalah seluruh masyarakat dan stakeholder Brand Ekonomi Syariah agar terbentuk awareness terkait Brand Ekonomi Syariah.

Keluaran

Keluaran kegiatan ini adalah tersedianya video Brand Ekonomi Syariah karya anak bangsa yang menggambarkan penerapan nilai ekonomi syariah yang tercermin pada Brand Ekonomi Syariah yaitu “kebaikan untuk semua” sebagai alat komunikasi untuk meningkatkan awareness akan pentingnya menggunakan Brand Ekonomi Syariah, sehingga dapat meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Efek yang diharapkan:

  1. Efek kognitif (mengetahui/aware)
  2. Efek afektif (merasakan)
  3. Efek psikomotorik (bertindak/action)
  4. Efek sharing (ikut mengedukasi)

Ketentuan Lomba

  1. Tema video adalah “Brand Ekonomi Syariah: Kebaikan untuk Semua”.
  2. Video menggambarkan bahwa ekonomi dan keuangan syariah memberikan kebaikan untuk semua, bagi siapa saja di mana saja, tanpa memandang kasta, agama, dll.
  3. Sebagai referensi, video dapat menggambarkan peran ekonomi dan keuangan syariah Indonesia guna memberikan dampak kebaikan untuk semua, khususnya di sektor industri halal, keuangan syariah, ZISWAF, pariwisata ramah muslim, dan/atau infrastruktur ekosistem ekonomi syariah.

Persyaratan Peserta Lomba

  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP/KK.
  2. Terbuka untuk umum, tidak ada batasan usia.
  3. Boleh individu atau kelompok (jika lebih dari 3 orang, pendaftaran diwakilkan oleh maksimal 3 orang).

Persyaratan Umum

  1. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  2. Peserta dan pemenang yang terbukti melakukan kecurangan (contoh plagiasi, menggunakan footage tanpa izin, dsb.) dalam bentuk apapun akan didiskualifikasi dan tidak berhak menerima kompensasi atau hadiah berbentuk apapun.
  3. Hadiah tidak dapat dialihkan dan ditukar dalam bentuk lainnya.
  4. Video yang telah dikirimkan tidak dapat ditarik atau diambil kembali.
  5. Panitia lomba berhak mempublikasikan atau menayangkan hasil lomba baik sebagian maupun utuh.
  6. Video yang menjadi pemenang lomba menjadi milik Bank Indonesia dan KNEKS serta hak cipta beralih menjadi milik Bank Indonesia dan KNEKS.
  7. Panitia/Bank Indonesia/KNEKS tidak bertanggung jawab apabila dikemudian hari diketahui terdapat gugatan dari pihak lain yang berkaitan dengan video yang dilombakan.
  8. Jika dikemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka panitia berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video.
  3. Tidak boleh mengandung unsur politik, SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), pornografi, dan hoax.
  4. Peserta diwajibkan mengikuti seluruh media sosial KNEKS dan ISEF dan mengunggah bukti berupa hasil screenshot/tangkapan layar sudah mengikuti media sosial KNEKS dan ISEF ke website ISEF di halaman pendaftaran. Daftar media sosial yang harus di-follow:
    1. Instagram
      1. @isef.id
      2. @kneks.id
      3. @ekonomisyariah.official
    2. Youtube
      1. ISEF Indonesia
      2. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah
  5. Video disampaikan pada formulir online perlombaan
  6. Pengumuman pemenang akan diumumkan dalam acara Penutupan ISEF 2021.

Persyaratan Video

  1. Durasi maksimal 1 menit
  2. Video merupakan karya asli (original) dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  3. Video yang dilombakan belum pernah diikutsertakan dan/atau menjadi pemenang pada kompetisi lainnya.
  4. Seluruh komponen video (potongan video, foto/gambar, model, atribut, musik, suara, dll.) harus mendapatkan izin dari pemiliknya (bebas dari tuntutan hak cipta).
  5. Video boleh dalam bentuk stop motion, animasi 2D, animasi 3D, motion graphic, video tape.
  6. Video format: MP4, MOV. DCP (Digital Cinema Package), Dimensi Widescreen (16:9), landscape, minimal 760p.
  7. Video disertai dengan subtittle.
  8. Di bagian akhir video menampilkan logo Brand Eksyar secara utuh, yakni terdiri dari logogram (bintang delapan/hexagon), logotype (tulisan “Ekonomi Syariah”), dan tagline (tulisan “Kebaikan Untuk Semua”)

 

Komponen Penilaian

  1. Originalitas
    Hasil karya yang dikumpulkan bukan merupakan hasil saduran atau jiplakan karya orang lain.
  2. Tidak menyinggung SARA
    Bahasa dan jenis majas yang digunakan tidak mengandung unsur kebencian. Termasuk didalamnya, menjelekkan, mengklaim tanpa dasar (judgement) terhadap suku atau agama lain.
  3. Sumber-sumber referensi
    Referensi yang digunakan diharapkan diambil dari tulisan, audio, atau video yang sumbernya kredibel dan bisa di pertanggungjawabkan.
  4. Kesesuaian Tema
    Tema yang dibahas sesuai dengan yang telah ditentukan.
  5. Sudut Pandang Cerita
    Keunikan dalam mengambil sudut pandang dan kejelian mengambil nilai pesan
  6. Nilai Aplikatif yang bisa diterapkan
    Apa yang disimpulkan membuat para pemirsa mengetahui secara pasti apa yang harus dilakukan dalam rangka menerapkan pesan moral yamg disampaikan.
  7. Kualitas/resolusi video dan audio

Hadiah Pemenang

Peserta yang ditetapkan sebagai pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan plakat. Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Tabel. Hadiah Lomba Video Brand Ekonomi Syariah

KategoriHadiah
Juara IRp 65.000.000
Juara IIRp 50.000.000
Juara IIIRp 35.000.000
Juara FavoritRp20.000.000

 

Tahapan dan Waktu Pelaksanaan

Publikasi Lomba15 September – 13 Oktober 2021
Pendaftaran16 September – 17 Oktober 2021
Batas akhir pengiriman video17 Oktober 2021
Penyaringan awal video menghasilkan 10 video oleh panitia18-24 Oktober 2021
Vote masyarakat untuk memilih video favorit dari 10 video di Instagram ISEF25-26 Oktober 2021
Penjurian Pleno (Dewan Juri)

Menilai 10 besar menjadi pemenang 1-3 dan favorit

25-26 Oktober 2021
Pengumuman Pemenang (Bersamaan dengan acara penutupan ISEF 2021)30 Oktober 2021
Publikasi Paska LombaNovember 2021