FESyar Sumatera 2021

10 – 15 Agustus 2021

Riau

Tentang Fesyar Sumatra
 

Dalam rangka mendorong akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) yang inklusif dan berkesinambungan serta mendukung pemulihan ekonomi nasional, pada tahun ini kembali akan digelar Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-8 pada bulan Oktober 2021 yang akan datang. ISEF merupakan salah satu event internasional terbesar dan terdepan dalam kalender kegiatan ekonomi dan keuangan syariah yang mengintegrasikan pengembangan sektor keuangan dengan perekonomian sektor riil.

Untuk mendukung pelaksanaan ISEF tersebut, maka di tingkat regional diselenggarakan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) sebagai satu rangkaian kegiatan Road To ISEF 2021. Kegiatan FESyar dilaksanakan di 3 wilayah yaitu Kawasan Timur Indonesia (KTI), Sumatera, dan Jawa, dengan harapan agar pengembangan eksyar dapat dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk mendukung kemajuan ekonomi nasional. Sementara di tingkat Provinsi, juga akan dilaksanakan rangkaian kegiatan Road To FESyar 2021.

Untuk FESyar Regional tahun ini, Provinsi Riau ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan FESyar Sumatera 2021. FESyar Sumatera 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 Agustus 2021 secara virtual/hybrid dengan tema "Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Memperkuat Momentum Pemulihan Ekonomi Melalui Konektivitas Wilayah". Secara garis besar, kegiatan FESyar dapat dibagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu Sharia Forum dan Sharia Fair.

Salah satu kegiatan unggulan FESyar Sumatera 2021 adalah Gerakan Sadar Wakaf. Pemberdayaan dana wakaf (Islamic Social Funds) untuk kegiatan produktif yang bernilai ekonomi tinggi sangat berpotensi menjadi alternatif sumber pembiayaan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi dan inklusif, sehingga dalam jangka panjang diharapkan dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goal (SDG) seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, dan pengurangan kesenjangan sosial. Gerakan Sadar Wakaf ini juga dilakukan untuk untuk mendukung Gerakan Sadar Wakaf Nasional yang sebelumnya telah dicanangkan Bapak Presiden RI pada awal 2020. Dalam rangkaian kegiatan ini, tiap provinsi di Sumatera akan melaksanakan kegiatan edukasi dan penggalangan dana wakaf (komitmen maupun realisasi), dan nantinya akan digabungkan menjadi Gerakan Sumatera Berwakaf.


Jalan-jalan ke Pekanbaru
Singgah sebentar membeli baju
Mari bersama sukseskan FESyar Sumatera 2021
Demi wujudkan Indonesia maju

<