Latar Belakang

Dukungan pendanaan/pembiayaan sangat diperlukan dalam proses pembangunan termasuk dalam memperkuat/meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Saat ini, sebagian besar pendanaan pembangunan dipenuhi melalui pembiayaan yang berbasis komersial. Sementara, ada basis pendanaan yang cukup besar yaitu ZISWAF.

Secara tradisional, penggunaan dana-dana sosial sudah berlangsung umum di masyarakat Indonesia, baik dalam rangka untuk membangun sarana ibadah, pendidikan maupun untuk program pemberdayaan masyarakat. Namun, programnya sangat parsial belum terintegrasi menjadi suatu program nasional yang dapat dimobilisasi dalam menarik partisipasi masyarakat secara langsung dalam mendukung pembangunan.

Instrumen keuangan komersial pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan modifikasi akad yang semakin menarik terutama dalam rangka memenuhi skema pembiayaan yang tepat bagi para pelaku usaha syariah. Demikian juga dengan instrumen SUKUK, dimana Indonesia merupakan negara dengan jumlah penerbitan SUKUK global terbesar di dunia saat ini. Tidak hanya dari sisi size dari sisi variasi fitur SUKUK pun, Indonesia telah meluncurkan Green Sukuk.

Tujuan

  • Showcase untuk menunjukan instrumen keuangan sosial dan komersial untuk mendukung ekonomi dan keuangan syariah Indonesia

List of Contributor Commercial & Social Finance