FESyar KTI 2021

27 Juli – 3 Agustus 2021

Gorontalo

Tentang FESyar KTI

Dalam rangka mendorong akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di tiga kawasan, yakni Jawa, Sumatra, dan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Acara FESyar ini sendiri merupakan rangkaian acara Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) tahun 2021 yang akan diadakan pada tanggal 25-30 Oktober 2021.

FESyar KTI pada tahun ini akan berlangsung pada tanggal 27 Juli 2021 hingga 3 Agustus 2021 dengan tuan rumah Provinsi Gorontalo. Pelaksanaan Fesyar KTI juga masih akan dilaksanakan secara virtual sehubungan dengan masih adanya pandemi Covid 19. Adapun tema yang diangkat dalam Fesyar KTI tahun 2021 adalah "Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Memperkuat Momentum Pemulihan Ekonomi Melalui Keunggulan Sumber Daya Regional".

Berbagai kegiatan menarik dalam bentuk Sharia Economic Forum yang terdiri dari berbagai webinar dan workshop. Kegiatan Sharia Economic Fair juga ikut memeriahkan FESyar KTI tahun ini dengan menampilkan berbagai produk halal food dan modest fashion milik UMKM unggulan dari 19 wilayah KTI secara virtual. Selain itu, kegiatan tabligh akbar, talkshow, dan berbagai perlombaan juga diadakan untuk memeriahkan festival ekonomi syariah terbesar di wilayah KTI ini.

Dengan adanya Fesyar KTI ini diharapkan dapat menjadi wadah yang efektif untuk mendiskusikan potensi, perkembangan, tantangan ekonomi syariah di KTI. Di samping itu, dalam perhelatan FESyar KTI ini juga diharapkan dapat menemukan berbagai model business linkage yang dapat diterapkan dalam mendorong KTI sebagai salah satu Islamic Economic Hub di Indonesia.